IDUL ADHA DI MUSIM FANDEMI COVID-19 DI LAMPUNG TENGAH, SHOLAT DILAKSANAKAN DILAPANGAN TERBUKA

IDUL ADHA DI MUSIM FANDEMI COVID-19 DI LAMPUNG TENGAH, SHOLAT DILAKSANAKAN DILAPANGAN TERBUKA

Punggur – Limamenitnewe.com

Hari raya idul Adha 1442H yang jatuh pada tgl 20 Juli 2021, meski ada Corona kaum muslimin di Lampung tengah tetap antusias melaksanakan solat idul Adha.

Kendati pemerintah menghimbau untuk sholat dirumah saja, karena masih dalam suasana penerapan PPKM darurat, tidak menyurutkan kaum muslimin untuk melaksanakan ibadah dan tetap melakukan kegiatan korban seperti sebelum ada covid-19.

PPKM Darurat yang terapkan dibeberapa daerah terutama Jawa dan Bali yang diberlakukan mulai dari tgl 3-20 Juli 2021 karena masuk zona merah tingkat yang sangat mengkhawatirkan angka terkompirmasi positif covid-19 juga selalu bertambah.

Di pulau Sumatera juga ada beberapa kota masuk zona merah seperti Bandar Lampung, Lampung Utara, Lampung tengah dan kota metro.

Khusus dikabupaten lampung tengah sholat idul Adha tetap dilaksanakan dibeberapa tempat, sebagian besar dilaksanakan di lapangan terbuka dengan menerapkan protokol kesehatan PROKES covid-19.

Dari sejumlah tempat ibadah seperti masjid masjid banyak yang tidak digunakan untuk melaksanakan sholat idul Adha dikarenakan ada kekhawatiran masyarakat akan memenuhi dan terjadi pelanggaran PROKES karena muatan masjid tak cukup untuk menampung masyarakat yang turut menunaikan sholat idul Adha tersebut.

Oleh karena itu panitia menyiapkan lapangan atau halaman masjid untuk dijadikan tempat sholat guna mengantisipasi jangan timbul hal yang tidak diinginkan.

Hal ini dikatakan Hi Suyit salah satu panitia solat idul Adha di lingkungan masjid Salahudin Sidiq, kelurahan Trimurjo Lampung tengah, saat di tanya terkait pelaksanaan ibadah sholat idul Adha di halaman masid tersebut.

Sementara untuk kegiatan usai sholat idul Adha masjid Salahudin Sidiq menyembelih hewan korban sapi sebanyak 8 ekor dan 1 Ekor kambing, Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar ujarnya.

Sementara di wilayah kecamatan Punggur ada salah satu musolah, sejak ada virus Corona di tingkatkan menjadi masjid yakni musolah Hidayatul Rozak menjadi Masjid Hidayatur rozak, sejak ditingkatkan status dari musolah menjadi masjid kini warga Dusun 1, RT 008 dan sekitarnya menunaikan sholat Jum’at dan sholat idul Fitri /Adha. Pada idul Adha 1442H kemaren melaksanakan sholat idul Adha bersama dengan tetap menggunakan prokes covid-19 dan dilanjutkan dengan memotong hewan korban berupa 4 ekor sapi dan 12 ekor kambing.(Dika)