BLT DANA DESA SAMPAI BULAN APRIL 2021 DI KECAMATAN PUNGGUR BELUM CAIR

BLT DANA DESA SAMPAI BULAN APRIL 2021 DI KECAMATAN PUNGGUR BELUM CAIR

Punggur, Limamenitnews.com

Berdasarkan usulan melalui APBK Anggaran pendapatan belanja kampung di haruskan mencantumkan calon penerima bantuan langsung tunai BLT, melalui Dana desa yang diterima masing masing kampung Di Lampung tengah.

Berdasarkan keterangan salah satu kepala kampung, di kecamatan Punggur yang enggan ditulis namanya mengatakan, sebelum ada perubahan APBK setiap kampung mengusulkan namun jumlahnya calon penerima BLT tidak sama jumlah disetiap kampung.

Dengan adanya perubahan anggaran sesuai arahan PMK kabupaten Lampung tengah ditetapkan setiap kampung mengajukan calon penerima BLT dana desa sebanyak 33 kepala keluarga.

Masing masing KK penerima mendapat Rp 300000 perbulan selama 1 tahun. Untuk DD tahun 2021 Di Lampung tengah dari total dana desa keseluruhan yang diterima masing masing kampung 40% untuk kegiatan pembangunan sedangkan 60% belanja non pisik yakni untuk pemberdayaan masyarakat dan peningkatan SDM aparat kampung selebihnya untuk tunjangan linmas dan RT serta anggaran SDGS untuk pemutahiran data penduduk setiap kampung.

Ujar kakam tersebut Saat ditanya kapan penyaluran BLT kepala kampung belum bisa memberikan penjelasan karena masih menunggu arahan dari pemerintah kabupaten melalui Dinas PMK.

Sampai April perintah pecairan belum diterima kemungkinan menunggu kampung kampung lain yang belum cair dana desanya. Sementara dari pihak kecamatan Dikecamatan Trimurjo, Punggur, dan Bumiratu nuban, saat dikonfirmasi terkait penyaluran BLT dimasing masing wilayah kecamatan mengaku masih menunggu arahan dari Pemkab Lampung tengah dan sampai sekarang Dana desa belum dicairkan kesemua kampung dikarenakan ada keterlambatan usulan APBK yang belum rampung disejumlah kampung akibatnya seperti sekarang ada yang sudah dicairkan lebih dulu masuk kedalam kelompok percepatan sedangkan yang belum cair tetap menunggu dan besar kemungkinan cair setelah lebaran.

kata staf yang menangani DD di kecamatan Punggur, Mengenai BLT tetap menunggu kampung kampung yang lain yang dana desanya belum dicairkan karena pembagian BLT akan dibagikan secara bersama semua kampung yang ada di Lampung tengah.

Sumber yang tidak mau ditulis namanya salah satu kepala kampung di kecamatan Punggur ketika ditemui, mengaku dikampung ya tidak termasuk ikut dalam percepatan Dikecamatan Punggur ada tiga kampung yang dana desanya yang sudah cair yakni kampung Tanggul angin, Totokaton dan kampung ngestirahayu. Sedangkan yang 6 kampung belum cair.

Dia juga mengatakan untuk tunjangan perangkat kampung belum bisa dibayar dikarenakan belum dicairkan, entah cair apa tidak padahal sekarang sudah masuk dibulan ke empat terhitung dari bulan Januari sampai April.

Jika siltap kami tidak dicairkan sebelum lebaran entah kami harus bagaimana ?? Kami berharap kepada Bupati lampung tengah yang baru mengingat hari raya tinggal beberapa hari mohon bupati segera perintahkan pencairan siltap kami sebelum hari raya ini ujarnya penuh harap.(fandika)