KAMPANYEKAN ‘PROKES’ ANSOR WAY KANAN BAGI RATUSAN MASKER

KAMPANYEKAN ‘PROKES’ ANSOR WAY KANAN BAGI RATUSAN MASKER

Way Kanan,limamenitnews.com

Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda Ansor Way Kanan Lampung bagikan ratusan masker secara gratis kepada jamaah pengajian Pondok Pesantren Al Futtuhat Asuhan Kiai Kholilurrohman di Kampung Wonoharjo Kecamatan Bumi Agung pada Rabu malam, (10/03) dan di Pasar Punjul Agung Kecamatan Way Tuba, Kamis, (11/03). Sebagai upaya untuk mengkampanyekan tertib penerapan protokol kesehatan (prokes) guna mencegah diri dari terpapar Covid-19.

Kegiatan yang dipimpin Ketua PC Ansor Way Kanan Hasyim Asy’ari dengan kawalan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) ini telah bagikan lebih dari 250 buah masker jenis 3PLY, sebagaimana telah ditetapkan Kementerian Kesehatan sebagai masker medis.

“Alhamdulillah, masyarakat sangat antausias dan berterima kasih ketika kita berikan masker. Mereka siap menerapkan protokol kesehatan ketika menjalankan kegiatan di luar rumah,” ujar Hasyim.

Lebih lanjut ia menegaskan, Ansor komitmen dalam upaya membantu pemerintah guna mengedukasi masyarakat akan mahal dan pentingnya kesehatan. “Sehat itu mahal. Bayangkan jika kita memiliki uang banyak, terus kita dalam kondisi tidak sehat, ya percuma mau ngapain saja susah,” ujarnya sembari guyon.

Sebelumnya Pimpinan Wilayah (PW) Ansor Lampung mendistribusikan 150.000 masker medis ke pengurus cabang di seluruh kabupaten/kota di Lampung, sebagai upaya gerakan kemanusiaan guna meminimalisir dampak dan risiko pandemi Covid-19. Adapun fokus pendistribusian masker ini bagi masyarakat yang lebih membutuhkan, kelompok pedagang kaki lima, petugas kebersihan, petugas pemakaman, para pedagang di pasar yang banyak melakukan aktivitas pada keramaian, serta pondok pesantren yang melakukan kegiatan belajar-mengajar.

Senada dengan Hasyim, Sekretaris PC Ansor Way Kanan Imam Mashudi Latif menambahkan, pihaknya akan terus berupaya menebar kebermanfaatan bagi masyarakat. Terlebih dalam mengedukasi dan terus mengingatkan protokol kesehatan di tengah pandemi yang belum juga usai.

Imam mengutip sebuah hadist ‘khoirunnas anfauhum linnas’ sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat bagi manusia lain. Hal tersebut harus ditanamkan pada hati kader Ansor, sebagaimana salah satu dari empat karakter pemuda muda NU yang harus dimiliki Ansor menurut Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qaumas (Gus Yaqut),yakni beramal shaleh.

Ia berharap dengan gerakan ini masyarakat timbul akan kesadarannya untuk menjaga diri dan keluarga dengan menaati protokol kesehatan yang berlaku, serta bisa hidup berdampingan dengan pandemi.tumino/Okta.