Kedatangan SBY Ke Palopo Akan Di Sambut Pakaian Adat

Jumat, 14 Feb 2014 07:39 WIT | 175 View
Juraganweb.net

PALOPO. LIMAMENITNEWS.COM.  -  Berbagai persiapan dilakukan pemerintah daerah di Sulsel dalam rangka menyambut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Di Tana Toraja, pemerintah kabupaten menyiapkan panggung SBY yang menelan Rp40 juta. Sedangkan di Kota Palopo penyambutan Presiden SBY diwarnai dengan nuansa adat dan jauh dari kesan politik. Mereka yang menyambut kepala pemerintahan di republik ini akan mengenakan pakaian adat.

"Hal itu dimaksudkan agar dalam penyambutan ini semuanya sama, tidak ada warna partai atau apa pun. Semua tamu dan undangan dalam acara penyambutan, terutama pada acara pemberian gelar adat oleh Kedatuan Luwu, semuanya diwajibkan untuk berpakaian adat. Agenda utama Presiden SBY di Kota Palopo untuk menerima penganugerahan gelar adat oleh Datu Luwu, maka kepada para undangan diwajibkan untuk memakai baju adat. Dengan baju adat ini, kita ingin supaya tidak ada warna lain yang muncul, semua sama," kata Sekkot Palopo, H Syamsul Rizal Syam, SE, MBA, saat di temui kemarin, Kamis (13/2/14).

Menurut sekkot, kedatangan Presiden SBY, bukan dalam agenda politik, namun kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini dalam rangkaian kunjungan kerja ke Sulawesi Selatan. Dimana salah satu agendanya adalah pemberian gelar adat oleh Datu Luwu di Istana Kedatuan Luwu. Sehingga, tidak boleh ada warna politik di dalamnya. Salah satu caranya adalah dengan berpakaian adat.

Agendanya lebih pada kegiatan kebudayaan, dan kunjungan presiden ini bukan kunjungan politik, sehingga semua tamu undangan diharapkan tidak membawa warna lain pada kegiatan tersebut.

"Warna yang dimaksud adalah simbol-simbol kepartaian maupun organisasi lain," ungkap Syamsul Rizal.

Sebuah kesyukuran besar untuk masyarakat Kota Palopo dan daerah lain di Luwu Raya yang sempat dikunjungi Presiden SBY. Karena dapat dipahami dengan kepadatan jadwal kenegaraan yang diemban SBY saat ini, dapat menyempatkan diri untuk datang di Luwu Raya, khususnya Kota Palopo dan Kabupaten Luwu.

Terkait persiapan, Pemerintah Kota Palopo sudah beberapa kali melakukan rapat koordinasi, baik dengan internal pemerintahan, maupun dengan daerah-daerah lain yang ada dalam wilayah Luwu Raya.

"Kita baik sebagai pemerintah maupun sebagai masyarakat berharap kedatangan presiden membawa sesuatu yang baik untuk kita semua, dan terkait kedatangannya semoga dapat berjalan dengan baik," pungkasnya.*(wy)